Jumat, 14 November 2008

AKAD JUAL-BELI

AKAD BAI' (akad jual – beli)

Assalamu'alaikum wr.wb.



Al bai’ dalam istilah fiqih berarti menjual, mengganti, dan menukar sesuatu dengan sesuatu yang lain. Lafal al-bai’ dalam bahasa Arab terkadang digunakan untuk pengertian lawannya, yakni asy-syira’ (beli). Dengan demikian kata al-bai’ berarti jual, tetapi sekaligus juga beli (Haroen, 2000 ), sedangkan dalam pengertian perekonomian, bai’ adalah transaksi pertukaran antara ‘ayn yang berbentuk barang dengan dayn yang berbentuk uang (Zulkifli, 2003). Dalam transaksi bai’ ini penjual telah memasukkan unsur laba dalam harga jualnya dan secara syariat tidak harus memberitahukan kepada pembeli tentang besarnya keuntungan yang ditambahkannya. Dalam akad bai’ harga dan keuntungan sudah bersifat pasti (certaint). Apabila suatu barang dijual belikan dengan harga Rp10.000,00 dan kedua belah pihak setuju maka Rp10.000,00 telah menjadi pasti dan kontraknya juga bersifat pasti.


Dalil Al Qur’an tentang Jual Beli


Transaksi jual beli telah dihalalkan oleh Allah SWT dengan beberapa firmanNya, yaitu seperti pada Surat Al Baqarah, 275, ”Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba…”. Juga pada Surat An-Nisa’, 29, “… kecuali dengan jalan perdagangan yang didasari suka sama suka diantara kamu … “

Dalil Al Hadits tentang Jual beli

Dasar hukum jual beli dalam Sunnah Rasulullah SAW, diantaranya adalah hadist dari Rifa’ah ibn Rafi’, “Rasulullah SAW ditanya salah seorang sahabat mengenai pekerjaan (profesi) yang paling baik. Rasulullah saat itu menjawab : usaha tangan manusia sendiri dan setiap jual beli yang diberkati.( HR al-Bazar dan al-Hakim ).

Dari Syuaib, Rasulullah SAW bersabda, “Tiga perkara yang di dalamnya terdapat keberkahan: menjual dengan pembayaran secara tangguh, muqaradah (nama lain mudharabah), dan mencampur gandum dengan tepung untuk keperluan rumah dan tidak untuk dijual.”( HR Ibnu Majah).

Rukun Jual-Beli ( Bai’)
1. penjual (bai’);
2. pembeli (musytari’);
3. barang/obyek (mabi’);
4. harga (tsaman);
5. ijab qabul (sighat);


Wassalamu'alaikum wr.wb.

SW

Tidak ada komentar: