Sabtu, 22 November 2008

MASJID DAN FUNGSINYA


MASJID, PUSAT KEGIATAN UMMAT ISLAM
Assalamu'alaikum Wr.Wb
Apabila kita menilik ke masa hidup dan dakwah nabi Muhammad SAW di waktu itu, kita dapat menarik pelajaran yang sangat berharga dan strategis. Fungsi masjid di masa rasul dan para shahabat nabi tidaklah hanya terfokus pada pelaksanaan sholat, baik sholat wajib ataupun sholat sunat, seperti sholat tarawih, sholat rawatib, dsb; namun lebih dari sekedar tempat beribadah sholat tersebut. Fungsi lainnya yang sangat strategis adalah masjid tempat mengatur strategi perang menghadapi kaum kafirin yang menyerang ummat Islam, juga tempat untuk mengatur perekonomian, pusat pendidikan Islam, pusat pelayanan sosial kemasyarakatan, dll. Pendeknya, kebutuhan ummat pada saat itu diatur melalui masjid.
Bagaimana sekarang fungsi masjid kita? Ada sebagian masjid yang sudah dijadikan pusat pendidikan selain pusat ibadah shalat, juga pusat mengatur kesejahteraan ekonomi dan sosial; tetapi kita masih menjumpai banyak sekali masjid baik yang sederhana sampai yang megah hanya terbatas untuk melaksanakan ibadah sholat, sementara urusan ummat lainnya masih sedikit diatur dari masjid. Belakangan, kita bersyukur pada Allah, sebagian masjid sudah mulai mengatur kesejahteraan ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan sosial di masjid melalui seperti Lembaga Amil Zakat (LAS) dengan berbagai nama yang telah kita ketahui.
Untuk ke depannya, marilah kita ummat Islam mulai secara serius dan intensif serta terencana memaksimalkan fungsi masjid untuk segala kegiatan guna memenuhi kebutuhan ummat Islam, mulai dari pelaksanaan shalat, penunaian zakat, infaq, shadaqah, wakaf untuk menggerakkan ekonomi ummat menuju kebebasan dari kemiskinan; pengembangan pendidikan Islam yang utuh, pengaturan strategi dakwah, dsb. Belakangan ini ummat manusia sedang menghadapi masalah ekonomi yang semakin berat yang disebabkan oleh adanya krisis keuangan global, yang dimulai dari Amerika Serikat. Untuk mencari solusi tersebut, kita bisa mulai dari masjid dengan mengundang para ahli ekonomi, keuangan, moneter Islam untuk berijtihad mengatasi masalah ummat manusia sedunia. Kita selalu mendengungkan, bahwa Islam adalah agama rahamatan lil 'alamin ( rahmat bagi seluruh alam termasuk manusia); tanpa melalui perjuangan ummat Islam, sepertinya sulit untuk mewujudkan Islam sebagai rahmatan lil alamin. Al Qur'an dan As Sunnah adalah 'stock of knowledge' yang tidak akan pernah habis memberikan petunjuk bagi orang yang beriman guna mengatasi masalah dalam kehidupan di dunia ini. Saatnya sekarang, marilah kita kembali ke masjid dan kembali ke Al Qur'an dan As Sunnah untuk menghadapi masalah kehidupan ummat manusia di dunia ini. Sebagai orang Islam, apapun yang kita lakukan di dunia ini kalau diniatkan untuk beribadah kepada Allah maka InsyaAllah ibadah kita bukan hanya sholat, puasa, zakat, haji, bahkan mencari nafkah untuk keluarga adalah ibadah. Semoga Allah memudahkan kita untuk kembali ke masjid, Al Qur'an, dan As Sunnah, a-min ya rabbal 'alamin. Syukron..
Wassalamu'alaikum wr.wb
Slamet Wiyono

Tidak ada komentar: