Assalamu'alaikum wr.wb.
According to Choudury (2005), The Tawhidi Epistemology is premised on the combination of knowledge emanating from the Quran [stock of knowledge (Ω)] comprising Sunnat Allah, meaning the divine laws of oneness of Allah’s perfect and absolute knowledge [denoted by(Φ)] and the Sunnah of the Prophet Muhammad used for deriving ontological function from the Sunnat Allah [derived by (Φ*)] .The combination of [Ω,Φ*] forms the Fundamental Epistemology from which are derived the knowledge flows are determined by the medium of the Islamic embryonic and systemic participation process of the Shura (Qur’an, Chapter 42). The Shuratic process is also referred to as IIE-process. It plays the central role in the generation of knowledge-flows from the Tawhidi episteme and applying such knowledge-flows to concrete entities and their complementary interrelation the problem domain.
The end result is a specification of a real word problem or a relational system. Such knowledge-flows determine both socio-scientific and market variables and institutional policies, technology and financial and economic instruments according to the Shari’ah. We denote this knowledge-induced bundle by {θ,X﴾θ)}, where θє Ω denotes knowledge-flows emanating from shura discourse on the theme of “Sustainable Enterprise Performance Measurement System Modeling” ” complementarities. {θ,X﴾θ)}denotes of knowledge-induced state and policy variables. The bundle{θ,X﴾θ)} describes the entire process order of the Tawhidi ethico-economic paradigm. This bundle is in the context of “Sustainable Enterprise Performance Measurement System modeling.” linkages.
The completion of any particular knowledge-formation process and its induction on {θ,X﴾θ)} is followed by an evaluation to determine the degree to which systemic unity (complementarities) has been realized between “Sustainable Enterprise Performance Measurement System Modelling” through the medium of Islamic Business Institutions including the Islamic Banks and Islamic Insurance Scheme (Takaful). Such an evaluation of unity of knowledge between the evidential categories is done by means of what we call the Social Wellbeing Function,W﴾θ¸X﴾ θ)
Wassalamu'alaikum wr.wb.
Slamet Wiyono
Jumat, 14 November 2008
TAWHIDI EPISTEMOLOGY FOR RESEARCH BASED
TAWHIDI EPISTEMOLOGY BASED FOR RESEARCH IN PERFORMANCE MODELLING
Kamis, 06 November 2008
ISLAM, PANDANGAN HIDUP KOMPREHENSIF
ISLAM SEBAGAI PANDANGAN HIDUP
YANG KOMPREHENSIF DAN UNIVERSAL
Assalamu'alaikum wr.wb.
Dewasa ini masih ada, kalau tidak dikatakan banyak yang berpendapat dan beranggapan bahwa Islam adalah agama yang hanya mengatur bagaimana umat Islam beribadah kepada Tuhannya saja, yaitu hanya urusan sholat belaka. Bahkan, yang lebih memojokkan lagi bahwa Islam adalah penghambat kemajuan pembangunan.Yang jelas, ini adalah salah satu bentuk ketidak tahuan dan kesalah pahaman tentang memahami Islam secara menyeluruh.
Islam sebagai agama dan pandangan hidup yang komprehensif atau lengkap dapat ditunjukkan dengan ayat-ayat Al-Qur’an yang apabila dikelompokkan akan mengatur diantaranya, tentang hal-hal berikut ini (Abu Bakr Jabir Al-Jazairi, 2001).
Aqidah ( masalah ke Tuhanan dalam Islam ), yaitu
1) iman kepada Allah SWT;
2) beriman kepada rububiyah Allah terhadap segala hal;
3) beriman kepada ke Tuhanan Allah;
4) beriman kepada nama-nama Allah dan sifat-sifat-Nya;
5) beriman kepada para malaikat;
6) beriman kepada kitab-kitab Allah;
7) beriman kepada Al-Qur’anulkarim;
8) beriman kepada rosul-rosul;
9) beriman kepada risalah Muhammad SAW;
10) beriman kepada hari akhir;
11) beriman kepada siksa kubur dan kenikmatannya;
12) beriman kepada qadha’ dan qadar;
13) tauhid ibadah;
14) al-wasilah (perantaraan);
15) wali-wali Allah beserta karomah-karomah mereka dan wali-wali syetan beserta kesesatan-kesesatan mereka;
16) beriman kepada kewajiban amar ma’ruf nahi mungkar dan kode etiknya;
17) beriman kepada kewajiban mencintai sahabat-sahabat Rosulullah, keutamaan mereka, hormat pada imam-imam Islam, dan taat kepada pemimpin kaum muslimin.
Etika, yang dikelompokkan menjadi
1) etika niat;
2) etika terhadap Allah SWT;
3) etika terhadap Al Qur’an;
4) etika terhadap Rasulullah SAW;
5) etika terhadap diri sendiri;
6) etika terhadap manusia;
7) etika ukhuwah karena Allah, mencintai karena-Nya, dan benci karena-Nya;
8) etika duduk dan ruang pertemuan;
9) etika makan dan minum;
10) etika bertamu;
11) etika bepergian;
12) etika berpakaian;
13) etika sifat-sifat fitrah;
14) etika tidur
Akhlaq, yang dikelompokkan menjadi
1) akhlak yang baik;
2) akhlak sabar dan bertahan terhadap gangguan;
3) akhlak bertawakal kepada Allah SWT dan percaya diri;
4) itsar dan cinta kebaikan;
5) akhlak adil dan pertengahan;
6) akhlak penyayang;
7) akhlak berbuat baik;
8) akhlak benar;
9) akhlak dermawan;
10) akhlak tawadlu’ dan keburukan sombong;
11) akhlak-akhlak tercela.
Ibadah, meliputi
1) thaharah (bersuci);
2) etika buang air;
3) wudlu;
4) mandi;
5) tayammum;
6) mengusap atas sepatu dan pembalut luka;
7) hukum haid dan nifas;
8) shalat;
9) hukum-hukum sekitar jenazah;
10) zakat;
11) puasa;
12) haji dan umrah;
13) mengunjungi masjid Nabawi dan mengucapkan salam kepada Rasulullah SAW di makamnya;
14) hewan kurban dan aqiqah.
Muamalah, yang meliputi
1) jihad;
2) jual-beli;
3) beberapa akad;
4) beberapa hukum;
5) nikah, talak, ruju’, khulu’, li’an, Ila’, dhihar, iddah, nafkah, dan hadhanah;
6) warisan dan hukum-hukumnya;
7) sumpah dan nazar;
8) dzakat, shaid, tha’am dan syarab;
9) jinayat-jinayat dan hukum-hukumnya;
10) had-had;
11) hukum-hukum qadha’ dan syahadat (kesaksian);
12) ar-roqiq.
Disamping Islam mengatur 5 (lima) kelompok di atas, Islam juga memberikan dasar-dasar pengaturan tentang politik-kenegaraan, ekonomi, perdagangan dan keuangan, keilmuan, teknologi, dan lainnya yang pengembangannya di bawah kelompok muamalah.
Demikianlah sedikit pengetahuan ini saya kutipkan dari buku saya " Cara Mudah Memahami Akuntansi Perbankan Syariah".
Wassalamu'alaikum wr. wb.
SLAMET WIYONO
YANG KOMPREHENSIF DAN UNIVERSAL
Assalamu'alaikum wr.wb.
Dewasa ini masih ada, kalau tidak dikatakan banyak yang berpendapat dan beranggapan bahwa Islam adalah agama yang hanya mengatur bagaimana umat Islam beribadah kepada Tuhannya saja, yaitu hanya urusan sholat belaka. Bahkan, yang lebih memojokkan lagi bahwa Islam adalah penghambat kemajuan pembangunan.Yang jelas, ini adalah salah satu bentuk ketidak tahuan dan kesalah pahaman tentang memahami Islam secara menyeluruh.
Islam sebagai agama dan pandangan hidup yang komprehensif atau lengkap dapat ditunjukkan dengan ayat-ayat Al-Qur’an yang apabila dikelompokkan akan mengatur diantaranya, tentang hal-hal berikut ini (Abu Bakr Jabir Al-Jazairi, 2001).
Aqidah ( masalah ke Tuhanan dalam Islam ), yaitu
1) iman kepada Allah SWT;
2) beriman kepada rububiyah Allah terhadap segala hal;
3) beriman kepada ke Tuhanan Allah;
4) beriman kepada nama-nama Allah dan sifat-sifat-Nya;
5) beriman kepada para malaikat;
6) beriman kepada kitab-kitab Allah;
7) beriman kepada Al-Qur’anulkarim;
8) beriman kepada rosul-rosul;
9) beriman kepada risalah Muhammad SAW;
10) beriman kepada hari akhir;
11) beriman kepada siksa kubur dan kenikmatannya;
12) beriman kepada qadha’ dan qadar;
13) tauhid ibadah;
14) al-wasilah (perantaraan);
15) wali-wali Allah beserta karomah-karomah mereka dan wali-wali syetan beserta kesesatan-kesesatan mereka;
16) beriman kepada kewajiban amar ma’ruf nahi mungkar dan kode etiknya;
17) beriman kepada kewajiban mencintai sahabat-sahabat Rosulullah, keutamaan mereka, hormat pada imam-imam Islam, dan taat kepada pemimpin kaum muslimin.
Etika, yang dikelompokkan menjadi
1) etika niat;
2) etika terhadap Allah SWT;
3) etika terhadap Al Qur’an;
4) etika terhadap Rasulullah SAW;
5) etika terhadap diri sendiri;
6) etika terhadap manusia;
7) etika ukhuwah karena Allah, mencintai karena-Nya, dan benci karena-Nya;
8) etika duduk dan ruang pertemuan;
9) etika makan dan minum;
10) etika bertamu;
11) etika bepergian;
12) etika berpakaian;
13) etika sifat-sifat fitrah;
14) etika tidur
Akhlaq, yang dikelompokkan menjadi
1) akhlak yang baik;
2) akhlak sabar dan bertahan terhadap gangguan;
3) akhlak bertawakal kepada Allah SWT dan percaya diri;
4) itsar dan cinta kebaikan;
5) akhlak adil dan pertengahan;
6) akhlak penyayang;
7) akhlak berbuat baik;
8) akhlak benar;
9) akhlak dermawan;
10) akhlak tawadlu’ dan keburukan sombong;
11) akhlak-akhlak tercela.
Ibadah, meliputi
1) thaharah (bersuci);
2) etika buang air;
3) wudlu;
4) mandi;
5) tayammum;
6) mengusap atas sepatu dan pembalut luka;
7) hukum haid dan nifas;
8) shalat;
9) hukum-hukum sekitar jenazah;
10) zakat;
11) puasa;
12) haji dan umrah;
13) mengunjungi masjid Nabawi dan mengucapkan salam kepada Rasulullah SAW di makamnya;
14) hewan kurban dan aqiqah.
Muamalah, yang meliputi
1) jihad;
2) jual-beli;
3) beberapa akad;
4) beberapa hukum;
5) nikah, talak, ruju’, khulu’, li’an, Ila’, dhihar, iddah, nafkah, dan hadhanah;
6) warisan dan hukum-hukumnya;
7) sumpah dan nazar;
8) dzakat, shaid, tha’am dan syarab;
9) jinayat-jinayat dan hukum-hukumnya;
10) had-had;
11) hukum-hukum qadha’ dan syahadat (kesaksian);
12) ar-roqiq.
Disamping Islam mengatur 5 (lima) kelompok di atas, Islam juga memberikan dasar-dasar pengaturan tentang politik-kenegaraan, ekonomi, perdagangan dan keuangan, keilmuan, teknologi, dan lainnya yang pengembangannya di bawah kelompok muamalah.
Demikianlah sedikit pengetahuan ini saya kutipkan dari buku saya " Cara Mudah Memahami Akuntansi Perbankan Syariah".
Wassalamu'alaikum wr. wb.
SLAMET WIYONO
AHLAN WA SYAHLAN
Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Segala puja dan puji hanyalah milik Allah SWT dan syukur Alhamdulillah tak hentinya kita panjatkan ke hadhirat Ilahi Rabbi atas segala kenikmatan yang telah Allah karuniakan kepada kita, terutama nikmat iman, Islam, kesehatan, dan kehidupan yang indah ini. Shalawat serta salam mari kita haturkan kepada junjungan kita, nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga dan shahabatnya serta seluruh pengikutnya hingga akhir zaman nanti.
Sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT, saya memberanikan diri tampil di forum ini untuk mengajak kepada saudaraku untuk saling nasehat menasehati, berbagi info, ilmu, pengetahuan sekitar perkembangan ekonomi, keuangan, manajemen, akuntansi syariah, baik yang berlangsung di tanah air maupun di dunia internasional. Mudah-mudahan forum ini dapat menambah pengetahuan dan keimanan kita, sehingga kita dicatat oleh Allah sebagai hamba yang mempunyai derajat yang lebih tinggi di sisiNya, a-min. SELAMAT UNTUK BERBAGI INFO, ILMU, PENGETAHUAN YANG BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA. Syukron, terima kasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
SLAMET WIYONO
Segala puja dan puji hanyalah milik Allah SWT dan syukur Alhamdulillah tak hentinya kita panjatkan ke hadhirat Ilahi Rabbi atas segala kenikmatan yang telah Allah karuniakan kepada kita, terutama nikmat iman, Islam, kesehatan, dan kehidupan yang indah ini. Shalawat serta salam mari kita haturkan kepada junjungan kita, nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga dan shahabatnya serta seluruh pengikutnya hingga akhir zaman nanti.
Sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT, saya memberanikan diri tampil di forum ini untuk mengajak kepada saudaraku untuk saling nasehat menasehati, berbagi info, ilmu, pengetahuan sekitar perkembangan ekonomi, keuangan, manajemen, akuntansi syariah, baik yang berlangsung di tanah air maupun di dunia internasional. Mudah-mudahan forum ini dapat menambah pengetahuan dan keimanan kita, sehingga kita dicatat oleh Allah sebagai hamba yang mempunyai derajat yang lebih tinggi di sisiNya, a-min. SELAMAT UNTUK BERBAGI INFO, ILMU, PENGETAHUAN YANG BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA. Syukron, terima kasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
SLAMET WIYONO
Langganan:
Postingan (Atom)